Senin, 14 September 2009

Jelang Berbuka Puasa


Mau tahu kondisi keramaian Kota Bima pekan ini? Sore hari, kendaraan roda dua dan roda empat berseliweran. Jalanan padat. Seperti yang terlihat di perempatan supermarket Lancar Jaya, jalan Sultan Kaharudin. Kabarnya, dalam acara Who Wants To Be A Milionare-nya RCTI beberapa tahun lalu, Bima menempati urutan tertinggi dalam kepemilikan sepada motor berdasarkan proporsi jumlah penduduk.
Tentu saja, kepadatan seperti sekarang ini harus diimbangi dengan penataan dan pengetatan aturan. Rambu-rambu lalulintas harus jelas. Demikian juga perlengkapan kendaraan atau pengendara. Apalagi, jumlah kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) selama Ramadan meningkat. Harus ada percepatan respons dari pemerintah daerah dan Polresta Bima.
Kepadatan itu juga memiliki aspek lain. Bisa jadi semacam 'ledakan konsumsi' masyarakat. Sore hari, menjelang berbuka puasa, banyak yang berbelanja beragam keperluan dan menu makanan-minuman. Ya, semoga keutamaan Ramadan tak lantas tertutup rapi oleh pemenuhan hasrat konsumsi dalam takaran yang berlebihan. Ingat "betapa banyak orang yang berpuasa (Ramadan), tetapi yang didapatnya hanya lapar dan dahaga". Semoga bukan termasuk kita. Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar