Selasa, 19 Januari 2010

Tumpukan Bata


Sejak 23 November 2009 lalu, kredit BRI Sape dicairkan untuk pembangunan rumah permanen di wilayah Santi II Barat Kelurahan Santi Kecamatan Mpunda Kota Bima. Durasi kreditnya delapan tahun. BRI menolak untuk masa lima tahun. Itu berarti gaji ibu bakal terkuras, karena sedikit yang tersisa. Lokasi rumah itu pada areal perumahan baru, di tengah denyut Kota Bima, dan dekat dengan akses jalan Gajah Mada. Tepatnya, di pertigaan Masjid An-Nur lingkungan Karara, Monggonao, menuju utara atau memasuki areal persawahan. Gang pertama setelah jembatan, belok kanan. Hanya sekitar 30 meter dari situ.
Tak lama setelah kredit itu diterima dan dibantu kakek-nenek, mulai 11 Desember pembangunan pun dimulai. Pekerjanya dari keluarga sendiri, ada Om Akbar (tukang), Om Jaharudin, dan kakek Abdullah. Ada lagi tenaga baru dari pulau Komodo, NTT, namanya Om Apri, masih keluarga ibu. Kadang Om Firman juga membantu.
Untungnya, ibu juga berbisnis kecil-kecilan bahan bangunan dan barang2 lainnya, sehingga harga lebih murah dan terjangkau. Aku biasanya bolak-balik bersama ibu dan tante2 ke Bima, melihat dari dekat proses pembangunan. Bapak kerap tidur bersama pekerja di tenda darurat pada salah satu ruangan tidur utama. Kalau malam, aku menumpang pada rumah Kak Rara di Monggonao, saudara sepupu dari bapak.
Syukurlah, sekarang rumah itu dah dibantalin bagian atasnya, tinggal memasang kap dan plester. Selain itu, cor lantai 2 di atas dapur n emperan depan. Untuk pembuatan kap, tiga kelapa plus 1 pohon lontar di kebun peninggalan ortu kakek Nae, dipotong. Dua batang pohon kelapa lainnya dibeli di wilayah Lanta Kecamatan Lambu. Katanya kualitas kayunya kuat, ketimbang membeli kayu di toko atau jati yang mahal.
Karena keterbatasan dana, nanti hanya pasang pintu dan teralis saja, lantainya tanah saja deh... Asalkan bisa ditempati, sambil mengumpulkan duit. Ada yang menggembirakan, kami sudah mendapat pasokan arus listrik resmi dari PLN Bima. Sebenarnya dah lama dipasang, tapi menunggu perampungan pembangunan rumah. Doakan ya, semoga semuanya cepat tuntas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar